Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan, H Surya di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ny Hj Titiek Sugiharti Surya Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Jum'at (26/3/2021) di kantor Camat Pulau Rakyat.

Tampak juga hadir dalam Launching ini, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE, OPD terkait, Camat Pulau Rakyat, Aspihan Daulay, SH, MM,  Camat Bandar Pulau, Camat Aek Ledong, Camat Rahuning, Camat Aek Songsongan dan Camat Aek Kuasan dan undangan.

Dalam laporanya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan, H Supriyanto MPd menyampaikan bahwa Pelaksanaan Launching Adminduk pada hari ini merupakan Implementasi UU No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Disamping itu juga dimaksudkan untuk  mempermudah Masyarakat dalam mengurus Administrasi Kependudukan dengan mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter.

Lebih lanjut Supriyanto juga mengatakan Launching Adminduk pada hari ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Dokumen Administrasi Kependudukan sesuai dengan Implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu.

“Jenis layanan Adminduk yang di Launching pada hari ini adalah Pengurusan KK, Akte Kelahiran, Perekaman KTP-el, Pencetakan KTP-el” jelas Supriyanto.

Bupati Asahan dalam sambutanya menyampaiakan bahwa Dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk. 

"Dokumen Kependudukan merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya” Ujar Bupati

Masih Sampai Bupati Asahan bahwa Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan akta catatan sipil serta Kartu Identitas Anak sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial, karena merupakan  awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya. 

Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan misalnya, tanpa adanya dua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan Administrasi lainnya.

“Dengan Launching Pelayanan Adminduk pada hari ini maka Pelayanan Administrasi Kependudukan yang selama ini terpusat di Ibu Kota Kabupaten terutama Pencetakan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Pencetakan KTP-el sudah dapat di Lakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat yang melayani enam kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong” tegas Bupati Asahan.

Bupati Asahan menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di 6 Kecamatan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus Administrasi Kependudukan secara langsung dan saya pastikan ini semua Gratis.

Dengan Launching Adminduk ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Dokumen Kependudukan, pentingnya manfaat data kependudukan sesuai dengan tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat.

Bupati juga memerintahkan Kepada Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya Adminduk, Khusus kepada  Kadisdukcapil dan jajarannya supaya dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal dalam pemenuhan Administrasi Kependudukan.

Pelayanan Adminduk  yang dilaunching pada hari ini nantinya juga secara bertahap akan dikembangkan di Kecamatan lainnya sehingga pelayanan yang dilakukan Pemerintah  Kabupaten Asahan benar benar dapat menyentuh harapan masyarakat. 

Diakhir Acara Bupati Asahan meninjau Pelayanan Administrasi Kependudukan yang baru saja di Launching dan sekaligus mamantau proses pencetakan Adminduk yang langsung diserahkan kepada masyarakat yang mengurus Adminduk.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan penyerahan 4.719 Kartu Identitas Anak (KIA) yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan. (DS)



Post a Comment

Disqus