/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Pulihkan Ekonomi Petani Dimasa Pandemi Covid-19, Pemko Tebingtinggi Berikan Bantuan Bibit dan Pupuk serta Pestisida


TEBING TINGGI, Sumutrealita.com –  Pemko Tebingtinggi memberikan bantuan bibit dan pakan ikan kepada kelompok budidaya ikan kolam terpal, pemberian bantuan pupuk cair, pestisida dan benih sayuran serta melaksanakan tanam bersama tanaman Hortikultura di Area Kelompok Tani dalam mendukung Kampung Tangguh yang dilaksanakan di Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Senin (29/03/2021). 

Hal itu dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat petani selama situasi pandemi Covid-19 dan untuk mendukung program kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) , 

Bantuan itu membuahkan hasil, Pemko Tebing Tinggi bersama unsur Forkopimda Kota Tebing Tinggi, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumut dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan panen bersama, yakni panen  bawang merah dan cabai merah.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dimana sektor pertanian dianggap lebih mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 serta merupakan bentuk kepedulian Pemerintah akan pentingnya sektor pertanian.

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Harry Baskoro menyampaikan pada Tahun 2020 kondisi Ekonomi Indonesia terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19, yang mengalami penurunan pertumbuhan dibanding tahun 2019, tetapi untuk sektor pertanian lebih mampu bertahan.


"Secara tahunan, perekonomian Sumatera Utara mencatat penurunan pertumbuhan -1,07% yang dibanding dengan tahun 2019 sangat berbeda yang tumbuh sebesar 5,22%. Namun lapangan usaha (sektor) pertanian dapat tumbuh positif. Oleh sebab itu sektor pertanian perlu menjadi perhatian bersama untuk peningkatan Ekonomi Sumut ditengah kegiatan vasinasi yang masih berjalan," jelasnya. 

Adri Nasution Kasi Tanaman Obat dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumutera Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa dinas TPH Sumut terus mengucurkan bantuan untuk Kota Tebing Tinggi baik itu cabe merah, bawang merah, jagung dan komoditi lainnya.

"Pada Tahun 2020 kemarin kita alokasikan bawang merah seluas 9 hektare dimana kita bagi dalam beberapa tahapan. Untuk cabe merah dialokasikan sekitar 5 hektare. Dengan adanya bantuan dari provinsi marilah kita sama-sama tingkatkan produksi bawang merah serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Tebing Tinggi," jelas Adri.

Sementara, Sekdako Tebing Tinggi menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan bantuan ini sehingga kelompok tani di kelurahan mekar sentosa dapat melaksanakan kegiatan pertaniannya dengan lebih baik lagi. 

Sekda juga menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam sektor pertanian di Kota Tebing Tinggi saat ini adalah lahan pertanian yang mengalami penyusutan, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat atau provinsi.


"Lahan pertanian di kota Tebing Tinggi secara existing hari ke hari, tahun ke tahun mengalami penyusutan, sementara sektor pertanian masih menjadi sektor andalan oleh pemerintah. Oleh karena itu bagaimanapun strateginya,  OPD Teknis dalam hal ini DKPP harus dapat lebih optimal, bagaimana mencapai target-target yang telah ditetapkan pemerintah pusat ataupun provinsi, " jelas Sekdako.

Sekda memaparkan pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi tumpuan dalam hal ketahanan pangan. Bagaimana memenuhi kebutuhan pangan, strategi yang diterapkan untuk mencapai ketahanan pangan merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

"Ketahanan pangan adalah hal yang utama yang harus dipikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan pangan, bagaimana mengembangkan ketahanan pangan sesuai dengan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing, " kata Sekda.

"Dan pada kesempatan ini pula banyak kegiatan-kegiatan pertanian yang di match-kan, ditumpangsarikan dengan program kegiatan lain, jadi kalau sawah bukan hanya (diperuntukkan sebagai) sawah. (Kabupaten) Sergei sudah mencoba agribisnis-wisata, ada wisata (di) lahan pertaniannya." terang Sekda

"Walaupun kita masih sekecil ini bisa gak di-combine, di-match-kan sehingga masyarakat disini bukan hanya menunggu masa panen baru menyentuh atau ada dampak ekonominya (ada pendapatan) tetapi ketika masa tanam, pemeliharaannya ini juga ekonominya (ada pendapatan) bisa tumbuh. Tidak salah kita meniru yang lain yang sudah baik, yang sudah bagus. Silahkan ditiru, silahkan Pak Camat dan Pak Kadis (DKPP) mungkin bisa difasilitasi oleh Kabag Perkenomian ambilah (lakukan) ATM (Amati-Tiru-Modifikasi) dari sana. Amati, tiru modifikasi sesuai dengan situasi dan kondisi kita." tambah Sekda. 


Dengan melakukan (inovasi) kombinasi pada sektor pertanian diharapkan mampu mempercepat pemulihan ekonomi dan petumbuhan ekonomi dapat tercapai. Ekonomi yang baik akan berbanding lurus dengan meningkatknya kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus punya inovasi-inovasi sehingga pemulihan ekonomi kita bisa lebih cepat lagi, kita tidak melulu terpaku pada satu kegiatan tetapi bagaimana kita bisa inovasi, kita bisa combine kegiatan-kegiatan lain semata-mata tujuannya untuk meningkatkan perekonomian kita," tutup Sekda. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Tebing Tinggi yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi S.Sos, M.TP,  Kapolres Tebing Tinggi yang Diwakili AKP Adjie Makno, Perwakilan Danramil 0204/DS, Kepala Kejari Tebing Tinggi yang diwakili Kasi Datun Tulus Sianturi, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Harry Baskoro,  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kasi Sayuran dan Tanaman Obat Adri Nasution. (Red)


Post a Comment

Disqus