/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 



SERGAI, Realitasnews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan memukul beduk sebagai tanda perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) ke-XVII Tingkat Kabupaten Sergai resmi dibuka pada Sabtu (13/03/2021) di Halaman Masjid Agung Sergai.

Selain pemukulan beduk, pembukaan MTQH ini juga ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari Plt. Camat Perbaungan Erfin Fahrurrazi, S.STP, M,Si, kepada Bupati dan Wabup Sergai kemudian diserahkan kembali ke Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai  H.M. Fasial, AP, MAP, sebagai Ketua Umum Panitia.

Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan jika ini merupakan kali pertama penyelangaran MTQH dilaksanakan di Masjid Agung Sergai. Hal ini, lanjutnya, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih membayangi. Ia juga menyebutkan, pagelaran kali ini juga diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes). 

“Untuk menjaga kondusivitas acara, maka dilakukan pembatasan jumlah orang yang dihadirkan dalam kegiatan ini, yaitu hanya para peserta dan Dewan Hakim saja. Ini merupakan bagian dari pelaksanaan prokes sehingga dalam pelaksanaan kali ini sementara masyarakat tidak diikutkan hadir,” ucap Darma Wijaya.

Secara khusus, Darma Wijaya menyampaikan terima kasih kepada Bupati sebelumnya Ir. H. Soekirman karena bersama-sama telah membangun masjid dan miniatur Ka’bah yang sangat baik di Sergai. Selain itu dirinya juga berharap agar momentum MTQH ini dapat dijadikan kesempatan untuk mempererat hubungan dan keharmonisan masyarakat karena hal tersebut sangat dibutuhkan apalagi dalam menghadapi tantangan nasional pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Tema MTQH Kabupaten Sergai ke-XVII ini seturut dengan visi-misi Kabupaten yaitu menjadikan masyarakat Qurani yang Mandiri, Sejahtera dan Religius. Di tahun ini saya optimis akan ada putra/putri Sergai yang mampu berprestasi di tingkat provinsi. Untuk semakin memotivasi anak-anak kita, saya dan Pak Adlin berkeinginan menghadiahkan umrah gratis bagi peserta MTQH Kabupaten Sergai yang berprestasi di tingkat provinsi nanti,” katanya.

Sementara itu dalam laporannya, Asisten Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat sekaligus Ketua Panitia Hj. Nina Deliana S.Sos M.Si menyampaikan MTQH ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-Quran bagi seluruh masyarakat Sergai serta mengembangkan seni budaya Islami.

“MTQH edisi ke-XVII ini diikuti 547 peserta dan official yang berasal dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai. Adapun cabang yang diperlombakan adalah sebanyak 9 yaitu seni baca Al-Quran, cabang Qiraat, Hafalan, Tafsir, seni kaligrafi, hafalan Hadist, cabang Fahm, Syarh dan karya tulis ilmiah Al-Quran,” papar Nina.

Ia kemudian merinci, jumlah peserta yang ikut terdiri dari Kecamatan Pantai Cermin 39 peserta, Perbaungan 45 peserta, Teluk Mengkudu 23 peserta, Sei Rampah 41 Peserta, Tanjung Beringin 31 peserta, Tebing Tinggi 38 peserta, Bandar Khalifah 33 peserta, Dolok Merawan 19 peserta, Dolok Masihul 51 peserta, Sipispis 19 peserta, Kotarih 25 peserta, Bintang Bayu 41 peserta, Silinda 25 peserta, Serba Jadi 22 peserta, Pegajahan 40 peserta, Sei Bamban 39 peserta dan Kecamatan Tebing Syahbandar 33 peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sergai Siswanto menyatakan jika mewakili lembaga legislatif, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh terlaksananya MTQH ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum kebangkitan umat Islam yang Qurani dan memperteguh keimanan kepada Allah SWT.

"Semoga MQTH ini mampu memperkuat Ukhawah Islamiah dan ajang syiar agama Islam. Walau dilaksanakan dalam kondisi seperti sekarang, saya mengajak masyarakat bersinergi dan mendukung menyukseskan kegiatan ini dengan caranya masing-masing serta tetap pula menjaga kerukunan antar umat beragama," pungkasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Ny. Hj Rosmaida Darma Wijaya, Wakil Ketua Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Ketua MUI Sergai H. Hasful Huznain serta Kepala Kantor Kementrian Agama Sergai Zulkifli Sitorus, S.Ag., MA., jajaran Forkopimda, perwakilan FKUB, Kepala OPD, tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta para hakim MTQH dan seluruh peserta. (Red)


Post a Comment

Disqus