/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Pemerintah Kabupaten Asahan bersama Polres Asahan menggelar acara launching penanaman sejuta pohon di Kabupaten Asahan, Selasa (15/10/2019) di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat.

Hadir dalam acara ini, Bupati Asahan H.Surya BSc beserta Istri, Kapolres Asahan AKBP Faisal F.Napitupulu beserta Istri, Wakil Ketua DPRD H.Beteng Panjaitan SH, Forkopimda, Sekda Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi, OPD, Camat Simpang Empat, para Kepala Desa, pemerhati lingkungan dan masyarakat lainnya.

Wakil Ketua DPRD Asahan,  H Benteng Panjaitan SH mengapresiasi kegiatan penanaman satu juta pohon yang dilaksanakan seluruh Kapolres di wilayah Polda Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemkab Asahan dibawah kepemimpinan Bupati Asahan, H Surya, BSc terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan penanaman pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir yang sering melanda Kabupaten Asahan khususnya Desa Sei Dua Hulu sehingga masyarakat disini merasa nyaman bertempat tinggal dan bekerja.
"Di Kabupaten Asahan hubungan antara TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat sangat kompak dalam membangun Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri", ujar Benteng.

Bupati Asahan, H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemkab Asahan mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan Forkompimda khususnya Kapoldasu dan Kapolres Asahan yang telah menginisiasi gerakan tanam 1 juta pohon.

Lanjut Bupati Asahan mengatakan bahwa setiap tahun masyarakat Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat mengalami banjir yang disebabkan meluapnya sei Asahan karena vegetasi pepohonan dikawasan Danau Toba semakin menipis sehingga tidak mampu menyimpan air sehingga menyebabkan sedimentasi akibat erosi yang terjadi di daerah hulu.

"Hari ini kita bersama sama berupaya memperbaiki kondisi tersebut melalui penanaman pohon secara massal dan berkelanjutan", ujar Surya.

Sementara itu, Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitapulu pada pidatonya menyampaikan penamaan 1 juta pohon bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan yang bermanfaat untuk mengurangi dampak pemanasan global, sebagai sumber oksigen, menyimpan air dalam tanah, menyerap polusi udara, sebagai tempat tinggal hewan dan mencegah banjir.

Kerusakan hutan kebanyakan terjadi akibat Karhutla. Jika hutan dikelola dari segi ekonomi akan terjadi kerusakan, untuk itu harus ada keseimbangan antara ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Hari ini jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 12 ribu pohon", ujar Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Bupati, Kapolres dan Forkopimda menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kepala Desa Suka Raja, Kepala Desa Simpang Empat dan perwakilan Danyon 126/KC. (DS)

Post a Comment

Disqus