/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com – Sebanyak 70 orang pegawai yang berasal dari Badan Pusat Statistik kabupaten Asahan dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Pemkab Asahan mengikuti lauching dan sosialisasi  Aplikasi Asahan Satu Data (ASADA) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan di Aula Melati kantor Bupati Asahan, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Asahan, H Surya Bsc yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si.
 
Launching dan sosialisasii ASADA ini juga dihadiri oleh Sekretaris Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan,  Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, OPD, Camat dan tamu undangan lainnya.

Sebagai pemateri pada Launching dan Sosialisasi ASADA ini yakni Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan Zulkarnain, SE, M. Si

Dalam laporannya Kepala Seksi Sarana Prasaran Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan Riris Kusmiyati, S. Kom mengatakan tujuan digelar kegiatan ini adalah agar Pemkab Asahan dapat mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia.
 
Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si mengatakan saat ini perkembangan teknologi informasi tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga untuk kebutuhan data dan informasi yang mempunyai peranan penting dalam mewujudkan keterpaduan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

 

Kegiatan ini, katanya , sebagai tindak lanjut atas diiterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

Pemkab Asahan, katanya,  telah membangun aplikasi/program ASADA yang merupakan aplikasi berbasis Web yang dientry oleh seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Asahan .

Ia berharap ASADA mampu menyajikan data dan informasi yang lengkap, terintegrasi, akurat, valid, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dapat dibagi pakaikan, berkelanjutan serta mudah di akses oleh seluruh masyarakat

“Keberhasilan ASADA ini akan sangat bergantung dan dipengaruhi oleh adanya ketersedian Data dan Informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki Perangkat Daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya,” katanya.

Untuk itu, Bupati Asahan mengharapkan para Kepala Perangkat Daerah dapat memberikan kontribusi data sesuai kewenangannya pada aplikasi ASADA secara periodik. Mengelola  data masing-masing dengan baik.

“Diharapkan OPD menunjuk personilnya khusus sebagai pengelola Data yang berkewajiban memberikan kontribusi data ke aplikasi ASADA dan secara rutin melakukan up date serta mengintegrasikan pengelolaan data yang sudah ada ke dalam aplikasi ASADA,” katanya.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Asahan yang telah membangun aplikasi  ASADA, semoga dapat dikembangkan dan disempurnakan sehingga kelak dapat dibuka dan didownload melalui telepon genggam,” katanya menambahkan.
 
(DS)

Post a Comment

Disqus