/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Sumutrealita.com – Puluhan masyarakat Desa Piasa Ulu kecamatan Tinggi Raja, Asahan bersama tim relawan yang bergabung dalam “Sadar Bencana  Bagi Organisasi Wanita” mengikuti simulasi tanggap bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan pada Selasa 24 April 2018.

Simulasi ini digelar di Desa Piasa Ulu salah satu alasannya adalah di desa ini kerap dilanda banjir dan bencana tanah longsor akibat luapan air sungai Sei Silau selain itu desa Piasa Ulu berada di daerah cekungan.

Simulasi ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Asahan Drs H Syahfuddin Harahap Msi. Ia menyebutkan  dalam simulasi ini warga diajarkan bagaimana cara mengatasi masalah gempa bumi oleh tim BPBD Asahan.

“ Peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengatasi bencana  alam, “katanya.
Ia menyebutkan peran pengusaha untuk mengeleminir jatuhnya korban jiwa dengan cara memberikan bantuan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar perbukitan maupun yang bermukim di daerah cekungan ini.

Camat Tinggi Raja, Yasir yang hadir dalam simulasi ini kepada sejumlah awak media mengatan memberi apresiasi atas simulasi yang digelar oleh BPBD kabupaten Asahan di wilayah tugasnya.
Forum Fasilitator Ketangguhan Bencana (F2KB) Provinsi Sumatera Utara Buwono Prawana SIP MSi saat ditemui dilokasi simulasi mengatakan bahwa pengetahuan tentang tata cara penyelamatan diri maupun kelompok pada saat terjadinya musibah bencana gempa bumi perlu di aplikasikan kepada seluruh warga.

“Saya mengharapkan agar 30 orang peserta simulasi ini dapat menjadi motivator kepada warga lain di lingkungan tempat tinggalnya,” pungkasnya.

(DS)

Post a Comment

Disqus