/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Bupati Lingga, ALias Wello Menyambut Tim Teknis Lumbung Pangan Nasional Dari Kementerian Pertanian RI (Fhoto : gerbanglingga.com )
LINGGA. Gerbanglingga.com - Tim teknis lumbung pangan nasional dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI, berkunjung ke Kabupaten Lingga pada Selasa siang (11/4/2017). Kunjungannya tersebut dilakukan sebagai langkah awal pembangunan sektor pertanian di daerah kabupaten yang berada di perbatasan.

Ketua Tim teknis dari Badan Litbang Pertanian Kementan RI, Bambang Prastowo mengatakan bahwa kunjungan mereka ke Lingga dalam rangka mewujudkan program untuk pengembangan lumbung pangan yang berorientasi pada sistem ekspor. Dimana oreantasi itu dilakukan dalam jangka waktu pendek dan secara bertahap.

“Kami dari Kementan diminta untuk pergi ke daerah perbatasan seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Lingga. Tugas kami mempelajari atau menjajaki potensi apa yang bisa menjadi produk unggulan disuatu daerah untuk menuju sasaran lumbung pangan berbasis ekspor,” kata  Bambang kepada Bupati Lingga, Alias Wello di Gedung Daerah, Selasa sore (11/4/2017).

Ia menjelaskan bahwa kunjungan mereka dilakukan dengan melihat langsung produk unggulan pertanian di Kabupaten Lingga, seperti padi yang berada di Sungai Besar dan Bukit Langkap serta di Desa Resang serta produk pertanian lainnya seperti tanaman hortikultura. Dengan sistem kerja dipelajari dan didiskusikan secara teknis bersama kepala daerah.

“Teknisnya kita pelajari wilayah yang berpotensi menjadi lumbung pangan, dan kemudian kita teliti dan dikaji, potensi–potensi apa yang bisa diangkat di Lingga ini. Karena sistemnya kita lakukan secara bertahap, setelah Lingga, ada beberapa kabupaten yang harus kita kunjungi lagi di Kepri ini,” kata Bambang

Selain menggali jenis pertanian yang berpotensi untuk diekspor, pihaknya juga akan membantu pemecahan masalah pengembangan disektor pertanian, baik itu kendala yang terjadi dilapangan ataupun segala bentuk penghambatan lainnya.

“Kami berharap dalam kunjungan berupa orientasi ekspor ini bisa membantu Lingga menjadi lumbung pangan nasional nantinya. Kemudian percepatan penanaman sawah yang diminta pak Menteri kemarin bisa dilakukan sesegera mungkin,” paparnya.

Bambang juga menegaskan, Kementan siap mendukung pengembangan sektor pertanian yang potensial di suatu daerah, baik dalam bentuk sarana–prasarana, penyuluhan dan sebagainya, kemudian pembentukan model usaha.

“Kementan sangat mendukung sekali dalam masalah pertanian. Apalagi di Kabupaten Lingga yang mana usaha dari pak bupati nya patut diapresiasi,” ujar dia.

Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan adanya kunjungan tim teknis dari Kementan ini bisa memberikan masukan bagi Lingga dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada sektor pertanian. Agar capaian produksi komuditas pertanian bisa di ekspor.

“Mudah mudahan dengan kedatangan bapak dan ibu dari tim teknis Kementan dapat memompa semangat baru bagi kami dan kami komit menjadikan Lingga sebagai wilayah lumbung pangan nasional,” katanya (oni/red)

Post a Comment

Disqus