/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com - Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan memperoleh juara satu ( I ) dalam kegiatan festival Marjanji / Marhaban kearifan lokal  yang di laksanakan Dinas Pendidikan ( Disdik)  Asahan melalui bidang Kebudayaan beberapa hari yang lalu.

“Sebelumnya Sekolah diseleksi dahulu oleh setiap kecamatan masing masing , setelah di seleksi peserta yang lulus barulah di bawa ke Dinas Pendidikan untuk mengikuti perlombaan,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Disdik Asahan,H.Syamsuddin MPd saat ditemui di kantornya, Kamis (2/11/2017)

Syamsuddin mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Kearifan Lokal atau Seni budaya daerah Kabupaten Asahan. Meningkatkan kreatifitas dan karakter pelajar dalam seni budaya khususnya bidang seni Marjanji / Marhaban. memotivasi satuan Pendidikan agar lebih aktif melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler di satuan Pendidikannya. Menurutnya, karena selama ini kearifan lokal ini kurang di minati generasi muda, maka oleh karena itu di perlukan tindakan untuk melestarikannya.

Syamsusdin mengatakan bahwa festival ini diikuti oleh sekolah tingkat / MTS dari 25 Kecamatan dan tiap Kecamatan memberangkatkan 1 Group Putra atau 1 Group Putri dengan rincian sebagai berikut, putra sebanyak 4 group dan Putri sebanyak 21 group

Dimana pemenang dalam kegiatan Marjanji/Marhaban ini adalah sebagai berikut :
  • Juara I Kecamatan Kisaran Timur dengan nomor peserta 10 memperoleh total nilai 269
  • Juara II Kecamatan BP.Mandoge dengan nomor Peserta 06 memperoleh total nilai 246
  • Juara III Kecamatan Aek Songsongan dengan nomor Peserta 21 memperoleh total nilai 243
  • Sementara untuk juara IV diperoleh Kecamatan Simpang Empat dengan nomor peserta 14 dengan total nilai 235.
(DS)

Post a Comment

Disqus