/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com - Guna menjamin kebutuhan masyarakat dalam mengatasi gawat darurat medis maka Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan telah meluncurkan Pusat Pelayanan Terpadu (Public Safety Center) yang sudah di integrasi dengan kode akses komunikasi atau Call Center 119.

“Jika ada masyarakat terkena sakit secara mendadak ataupun mengetahui ada korban kecelakaan maka sudah dapat langsung menghubungi PCS kami di 119 atau hubungi no handphone 085362049911,” Kata Kadis Kesehatan, dr.Aris Yudhariansyah MM, Senin (13/11/2017)


Ia mengatakan Tim PSC terdiri dari tenaga dokter, perawat, bidan dan sopir yang terlatih. Untuk saat ini, pelayanan dimulai dari pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib. 

Dimana pelayanan yang diberikan meliputi Pemandu pertolongan pertama (first aidy); Pengevakuasi korban; dan Pengkoordinasian dengan fasilitas pelayanan. “Pelayanan medis diberikan sebelum korban diantar ke rumah sakit yang dirujuk.

PSC 119 merupakan bagian dari program nasional guna menekan jumlah angka kematian akibat kecelakaan lalulintas, karena setiap tahun jumlah korban kecelakaan lalulintas terus meningkat, termasuk di Asahan.

Salah satu penyebab tingginya angka kematian, karena penanganan korban kecelakaan tidak sesuai dengan standar penanganan medis. Dengan adanya PSC 119 ini, kita berharap jumlah angka kematian akibat kecelakaan lalulintas dapat ditekan, ujar dr Aris.
(DS)

Post a Comment

Disqus