/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



BINTAN, Sumutrealita.com
– Menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H, Pemkab Bintan menggelar festival Lampu Cangkok dengan hadiah total Rp 37 juta,-

Festival itu berdasarkan surat Bupati Bintan Nomor : 430/DPMD/455, tanggal 17 Mei 2018, Tentang Festival Lampu Cangkok Tahun 2018.

Festival lampu Cangkok itu  digelar mulai tanggal 2 Juni 2018 atau bertepatan pada 17 ramadhan 1439 H sampai dengan berakhirnya bulan suci ramadhan 1439 H, dengan sistem penilaian berdasarkan 3 aspek yaitu aspek bangunan , aspek keamanan serta aspek estetika ( pesan dan kesan yang disampaikan ).

" Memeriahkan bulan suci Ramadhan 1439 H, memang kita merencanakan agar setiap tahunnya untuk menghidupkan kembali tradisi yang sudah menjadi ciri khas Melayu kita. nantinya sewaktu-waktu akan saya tinjau kembali " kata Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos, Minggu (3/6/2018).

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos bersama rombongannya telah melihat beberapa lokasi saat pulang shalat tarawih bahkan ia menyempat diri untuk berbaur dengan masyarakat yang yang sedang memasang dan menikmati keindahan lampu cangkok itu.

" Dihimbau pemasangan lampu cangkok hingga akhir Ramadhan 1439 H, Kita sudah berkeliling dari Jalan Lintas Barat, Desa Teluk Sasah di Kec Sri Kuala Lobam, terus ke Kecamatan Bintan Utara, Tanjung Uban, Malang Rapat dan terakhir di Kecamatan Bintan Timur, " katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Ronny Kartika menuturkan bahwa untuk penilaian aspek bangunan lampu cangkok yang akan dinilai meliputi kekokohan bangunan ; posisi letaknya yang tidak menggangu aktifitas pengguna jalanan ; serta ketinggian menara dengan minimal 3,5 Meter. Untuk Aspek keamanan meliputi lebar konstruksi gerbang baik dari sisi kiri dan kanan jalan sekitar 5 Meter ; lalu kebersihan disekitar gerbang lampu serta ramah lingkungan.

" Untuk aspek estetika ( pesan dan kesan yang disampaikan ) dimana bangunan gerbang lampu cangkok harus dibangun bernuansa islami ; lalu keindahan lampu cangkok, kerapian serta bahan dan banyaknya lampu cangkok yang dipasang " ujarnya

Dituturkannya juga bahwa untuk hadiah  festival lampu cangkok tahun ini, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya, total hadiah yang diperebutkan hanya Rp 26 juta,- maka tahun ini diselenggarakan dengan total hadiah Rp 37 juta,-.

(R/Lam)

Post a Comment

Disqus