/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

LINGGA,Gerbanglingga.com - Joni Satria salah seorang aktivis Daek Kabupaten Lingga, pertanyakan besarnya anggaran untuk pembangunan sebuah jembatan di Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2017 sebesar Rp 5,1 milyar. Pasalnya jembatan tersebut dibangun untuk aliran sungai dengan lebar sekitar 2 meter.

"Untuk dibangun apa saja anggaran sebesar itu hanya untuk membangun jembatan diatas sungai yang lebih layak disebut parit itu," kata Joni seraya menunjuk aliran sungai yang akan dibangun, Selasa (28/3/2017).

Ia mengatakan bahwa pembangunan jembatan di daerah ini sangat dibutuhkan masyarakat. Meski begitu tidak berarti hal ini dijadikan ajang oknum tertentu untuk memperkaya diri.



"Terbuat dari apa jembatan tersebut sampai menelan biaya hingga Rp 5,1 milyar," tanyanya. pria ini memberi contoh, salah satu jembatan yang dibangun melalui APBD Lingga dengan kondisi sungai yang relatif sama hanya menelan anggarab Rp 400 juta. Dilihat secara kasat mata besar sungai dan kondisi tanah dan jalan hampir sama dengan jembatan yang akan dibangun dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

"Saya tidak menyebut bahwa kontraktor ini salah, saya hanya mempertanyakan untuk membangun apa saja dana sebesar itu," katanya.

Paret Yang Akan Dibangun Jembatan Yang Lebarnya Sekitar Dua Meter ( Fhoto : gerbanglingga.com)
Menurut Joni jika diasumsikan dengan anggaran membangunan jembatan dengan Rp 400 juta yang dikeluarkan Pemkab Lingga, berapa jembatan yang bisa dibangun dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

"Masih banyak jembatan penghubung antar desa yang butuh dibenahi. Salah satunya jembatan menuju Pelabuhan Roro di Penarik yang kondisinya sudah memprihatinkan," imbuhnya.

Dilokasi yang sama, Bambang, pengawas pekerjaan lapangan saat dikonfirmasi terkait pembangunan ini, enggan berbicara secara detail apa saja yang akan dibangun dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

"Kalau Detail pembangunan yang akan diajukan saya tidak bisa berbicara, namun selain jembatan kami juga akan melakukan pengaspalan jalan sejauh 250 meter agar jembatan menjadi rata," kata singkat. Dari papan poyek pembangunan jembatan ini, kontraktor pelaksana pembangunan jembatan dilajukan oleh PT Mekar Abadi Sukses dengan konsuktan supervisi PT Seecon dengan masa pekerjaan 240 hari kalender.(dwi)

Post a Comment

Disqus