/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com - Ditahun 2017 ini sebanyak 71 orang ditemukan menderita penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr.Aris Yudhariansah melalui Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Saprin Sanjaya Hutahen, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/1/2018).

Saprin mengatakan bahwa penemuan kasus ini diterimanya dari hasil laporan seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Asahan, dimana kecamatan yang tertinggi adalah kecamatan Kisaran Barat ditemukan sebanyak 10 orang, Kecamatan  Kisaran Timur 8 orang, Kecamatan Meranti 4 orang, Air Batu 4 orang, Kecamatan Buntu Pane, Air Joman masing-masing 3 orang dan selebihnya tersebar di sejumlah kecamatan lainnya.

Saprin juga memprediksi jumlah penderita virus HIV di Asahan masih banyak belum ditemukan. Pasalnya, hingga kini Asahan sudah banyak menemukan masyarakat yang tertular HIV. Artinya bila 1 orang penderita HIV ditemukan maka ada 100 orang lagi yang belum ditemukan.

“Kita yakin masih banyak lagi warga yang terkena virus ini,” ujar Saprin.

Dinas Kesehatan bertugas melakukan rehabilitatif dan kuratif atau pengobatan sedangkan elemen lainya bertugas melakukan preventatif atau pencegahan serta sosialisasi kepada masyarakat sehingga peran aktif semua elemen sangat dibutuhkan.

“Kita yakin kalau semua bergerak, penemuan penderita HIV dapat lebih banyak. Sehingga untuk melakukan penanggulangan HIV bisa diatasi di Asahan,” jelas Saprin.

(DS)

Post a Comment

Disqus