/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com - Gabungan Wartawan dan Mahasiswa Asahan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Asahan dan dibundaran Tugu Juang,  Kisaran, Senin (15/1/2018).

Aksi unjuk rasa ini dilakukan akibat adanya pelecehan yang dilakukan oknum anggota Satpol PP Asahan bernama Nasruddin kepada salah seorang jurnalis Asahan bernama Susilawadi beberapa hari yang lalu.
 
Pelecehan itu terjadi saat tim Satpol PP Asahan melakukan penertiban pedagang kaki lima di jalan Listrik/Sutomo Kisaran. Mendapat informasi ada penertiban pedagang kaki lima, Susilawadi datang untuk melakukan peliputan. Saat Susilawadi mengkonfirmasi salah seorang oknum anggota Satpol PP bernama Nasruddin terkait adanya tudingan bahwa penertiban yang dilakukan "tebang pilih" Nasruddin yang mengaku sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)  bertanya kepada Susilawadi, kau siapa, kau ada keperluan apa disini.
 
Mendengar pertanyaan itu, Susilawadi menjawab aku Wartawan, aku mau meliput serta konfirmasi terkait penertiban ini, sembari menunjukkan surat tugasnya.
 
Saat itulah Nasruddin langsung merampas dan meremas surat tugas yang ditunjukkan Susilawadi tersebut. Merasa dilecehkan dalam menjalankan profesinya sesuai Undang – Undang No 40 tahun 1999 tentang Pers,  Susilawadi melakukan laporan ke Polres Asahan.
 
Mendengar kejadian itu, sebagai rasa solidaritas, ratusan Wartawan bersama mahasiswa melakukan unjuk rasa damai. Para pengunjuk rasa meminta kepada Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP agar menindak tegas Nasruddin yang telah melecehkan oknum Wartawan dan Drs Isa Harahap selaku Kasat Pol PP Asahan harus juga dicopot dari jabatannya karena dinilai tidak mampu membina stafnya, demikian dikatakan Ketua APC, Ahmad Qusairy dalam orasinya.
 
Lebih lanjut Ahmad Qusairy mengatakan bahwa Pelecehan yang dilakukan Satpol PP kepada wartawan sudah pernah juga terjadi saat Kasat Pol PP , Isa Harahap memerintahkan anggotanya "mengusir" semua wartawan yang melakukan peliputan saat kepulangan Jamaah Haji.
 
Mendengar tuntutan tersebut, Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc saat menerima pengunjuk rasa berjanji akan menindaklanjuti tuntutan pengunjuk rasa yang merasa telah dilecehkan dan dihalangi saat melakukan profesinya. “Tolong kawan kawan bersabar dan kasih saya waktu untuk menindaklanjutinya persoalan ini dan hal ini akan saya sampaikan kepada Bupati Asahan,” ujar H Surya.
 
Usai berorasi di halaman kantor Bupati Asahan, para pengunjuk rasa bergerak menuju tugu juang untuk melakukan orasi .
 
Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang SH dalam orasinya meminta dan mendesak Bupati Asahan,Taufan Gama Simatupang agar segera mencopot Nasruddin yang mengaku sebagai PPNS. “Dia telah merampas dan meremas surat tugas sahabat kami Susilawadi selaku wartawan, di depan pedagang dijalan Listrik/ Sutomo Kisaran. Kami menganggap itu adalah suatu pelecehan dalam menjalankan profesi, “kata Indra.
 
(DS)

Post a Comment

Disqus