/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

Bupati Asahan Menerima Penghargaan Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut
Bupati Asahan H Surya Bsc (Fhoto : Ist)

ASAHAN, Peristiwanusantara.com – Bupati Asahan H Surya Bsc menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pimpinan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Eydu Oktain Panjaitan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2021 pada Kamis (28/4/2022) di Aula BPK RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut).

Predikat Opini WTP dari BPK atas ini merupakan yang kelima yang diraih Pemkab Asahan sejak tahun 2017 lalu.

Turut mendampingi Bupati Asahan dalam kegiatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi,  Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution,MSi, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE,  serta  OPD terkait.

Opini atas laporan keuangan disusun dengan mempertimbangkan 4 (empat) kriteria, yakni kesesuaian laporan keuangan dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Dalam mekanismenya, Laporan keuangan wajib disampaikan Pemerintah Daerah  kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah).

Capaian ini merupakan kali ke Lima bagi Pemerintah Kabupaten Asahan yang berhasil mempertahankan Opini WTP untuk LKPD Tahun Anggaran 2021. Dimana Raihan tersebut diperoleh secara berturut-turut sejak 2017.

Atas keberhasilan tersebut  Bupati H. Surya  sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan LKPD TA 2021, sehingga diperoleh hasil yang sangat memuaskan yakni opini WTP.

"Raihan ini merupakan kebanggaan bagi Pemerintah  Kabupaten Asahan , karena bisa mempertanggungjawabkan anggaran tahun 2021. Sehingga Pemkab Asahan memperoleh Opini WTP untuk yang ke tujuh kalinya secara berturut- turut, " ungkap Bupati usai menerima Penghargaan.

Pemerintah Kabupaten Asahan akan berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap  Program Pembangunan dan akan selalu berusaha melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin untuk kepentingan Masyarakat Kabupaten Asahan.

"Itu semua demi mewujudkan Masyarakat Kabupaten  Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter” pungkasnya (rdk)


Post a Comment

Disqus