/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Presiden Jokowi Mengunjungi Stand Dekranasda Sergai
Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Pelaku UMKM Sergai di Stand Dekranasda Kabupaten Sergai pada Event Inacraft Tahun 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (23/3/2022) (Fhoto : Ist)


JAKARTA, Sumutrealita.com
- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi stand Dekranasda Kabupaten Sergai sembari melihat-lihat berbagai produk andalan kerajinan UMKM Sergai pada event International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022 yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (23/3/2022).

Presiden Jokowi mengunjungi stand Dekranasda Kabupaten Sergai itu usai membuka event tersebut yang mengusung thema “Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market”.

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang hadir langsung pada kegiatan ini menyampaikan jika gelaran ini berlangsung dengan menampilkan ragam produk kerajinan UMKM se-nusantara dengan harapan akan mampu membangkitkan perekonomian nasional yang sebelumnya terpengaruh cukup signifikan akibat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan momentum untuk mengembalikan potensi ekonomi kerjinan UMKM nasional, terkhusus Kabupaten Sergai. Lewat kegiatan ini, kita sama-sama berharap semoga kerajinan tangan di Kabupaten Sergai bisa dikenal lebih luas lagi dan dapat bersaing dengan produk kerajinan dari daerah lain,” ungkap Bupati yang punya sapaan akrab Bang Wiwiek ini.

Dirinya mengungkapkan, dalam event Incraft tahun 2022 ini, Dekranasda Kabupaten Sergai mengunggulkan berbagai hasil kerajinan berbahan baku serat alam yaitu pandan dan purun. Bahan baku tersebut dikreasi dalam berbagai bentuk kerajinan seperti tas dan dompet yang menarik.
 
“Sergai memiliki potensi sumber daya yang sangat baik untuk mendukung sektor kerajinan tangan. Mudah-mudahan pelaku UMKM bidang ini tetap bisa memaksimalkan potensi tersebut lewat berbagai inovasi produk yang menarik minat dan memiliki nilai ekonomis yang bagus,” harap Bang Wiwiek.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada masyarakat agar mencintai produk kerajinan dalam negeri. Hal ini, sebutnya, dapat mendukung dan mengembangkan para perajin UMKM.

“Dengan mencintai produk lokal, kita akan secara signifikan membangkitkan UMKM di Indonesia,” ucapnya.

Pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, didampingi oleh Wakil Ketua Harian Dekranasda Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Kepala BAPPEDA Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si., serta rombongan Dekranasda Kabupaten Sergai. (rdk)


Post a Comment

Disqus