/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Komunikasi  dan Informasi (Diskominfo) Asahan akan mencanangkan program pembangunan command  center. Program ini berfungsi  sebagai pusat sistem kendali untuk  mengendalikan, memantau, mengawasi  dan menerima berbagai data serta  sumber informasi yang aksesnya berbasis tekhnologi.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi saat ditemui sejumlah awak media didampingi Kabid Informasi dan Tekhnologi, Zulkarnaian Selasa (27/2/2018).

Ia mengatakan, mulai tahun 2018 Diskominfo mencanangkan program command center berbasis Informasi Tekhnologi (IT). " Kita akan upayakan dan rencanakan  konsep program pembangunan berupa smart city di Kota Kisaran, " kata Hidayat.

Konsep Smart City merupakan suatu konsep  sebagai upaya untuk menciptakan Kisaran menjadi kota cerdas yang dapat membantu berbagai hal tentang kegiatan masyarakat, terutama dalam membangun dan mengelola sumber daya yang ada secara  efisien serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses berbagai sumber informasi yang belum didapat.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan bahwa dengan adanya program commend center tersebut, kita akan berupaya membangun fasilitas berupa pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) ditempat-tempat yang dianggap strategis,rawan lakalantas maupun rawan tindak kejahatan/ kriminal.

Dengan adanya pemasangan CCTV diharapkan dapat memudahkan petugas untuk membantu dalam memonitoring atau mengawasi situasi yang terjadi dilokasi yang terpasang kamera CCTV, baik itu berupa informasi tindak kejahatan kriminal maupun terjadinya lakalantas ataupun informasi lainnya.

Program commend center yang direncanakan adalah merupakan wujud kepedulian Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP untuk menuntaskan visi  Pemerintah Kabupaten Asahan yang religius, sehat,cerdas dan mandiri.

Untuk pembangunan command center tahap awal kita mengalokasi anggaran sebesar Rp 760 juta melalui APBD Asahan tahun 2018. Anggaran tersebut rencananya akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur commend center.

Kita juga akan alokasikan dana untuk perbaikan dan rehabilitas ruang metting/control sekaligus penyedian  mobilernya sebagai tempat rapat untuk menerima informasi atau memantau situasi kota.

Command center diharapkan dapat membangun hubungan yang sinergi antara Pemerintah dengan berbagai pihak diantaranya Kepolisian,Perhubungan, Penanggulangan Bencana maupun pihak-pihak terkait lainnya, harap Hidayat ,

(DS)

Post a Comment

Disqus