/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



SERGAI, Sumutrealita.com -  Bupati Sergai H. Darma Wijaya meninjau warga Desa Sukasari yang jadi korban  bencana angin puting beliung yang disertai hujan deras pada Kamis (18/8/2022) dini hari kemarin.

Saat meninjau korban, Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengatakan di Sukasari sendiri terdata ada 6 rumah yang mengalami kerusakan. Sedangkan di Kecamatan Pegajahan secara keseluruhan, data sementara yang ia terima, tercatat ada 42 rumah yang terdampak puting beliung.

Tinjauan Bupati Sergai ini juga disertai dengan distribusi bantuan beragam jenis. Secara simbolis, Darma Wijaya menyerahkan material bahan bangunan seperti seng, kayu, dan paku kepada korban.

“Kami ikut prihatin atas kejadian ini. Saya berharap para warga sabar dan tabah menyikapi bencana yang menimpa. Atas nama Pemkab Sergai, saya hadir hari ini untuk melihat langsung kondisi di lapangan. Bagi warga lain yang terdata jadi korban, bantuan akan disalurkan segera,” jelasnya.

Ia juga menyarankan agar warga yang rumahnya mengalami kerusakan bisa segera melaksanakan perbaikan bangunan dengan konstruksi yang lebih baik.

“Kalau bisa, ingatkan tukang supaya sengnya dipasang dengan diikatkan ke balok agar pondasinya lebih kuat. Jadi semisal ada angin kencang datang lagi, kerusakan bisa lebih diminimalisir,” pesannya.

Ia pun mengatakan, kondisi cuaca ekstrem memang harus menjadi kewaspadaan bagi seluruh pihak. Bang Wiwik juga menyebut, pemerintah akan berusaha untuk hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana.

Salah seorang warga Sukasari, Nardi (40), menceritakan kronologis kejadian puting beliung yang menghantam kediamannya. Ia menuturkan, angin kencang merusak atap rumahnya saat hujan deras pada pukul 1 dini hari.

“Kami sontak terkejut. Buru-buru langsung mengungsi karena air hujan masuk ke rumah akibat atap yang udah lowong. Syukur alhamdullilah, bantuan datang dari Pemkab Sergai sehingga kerusakan bisa langsung diperbaiki,” ungkapnya.

Post a Comment

Disqus