Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Wabup Sergai Luncurkan Program Jemput Ikhlas Persalinan Plus di Puskesmas Tanjung Beringin
Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP Saat Meluncurkan Program JIP Plus di Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (1/9/2022) (Fhoto : Ist)


SERGAI, Sumutrealita.com
  – Progam Jemput Ikhlas Persalinan (JIP) Plus resmi diluncurkan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP di Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (1/9/2022).

Peluncuran program tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Wabup menegaskan bahwa Pemkab Sergai lewat Dinas Kesehatan berupaya sungguh-sungguh untuk hadir di tengah masyarakat dengan berbagai inovasi pelayanan. Lewat program JIP Plus ini, Adlin Tambunan menyebut, para ibu hamil akan mendapatkan perhatian penuh dalam aspek layanan kesehatan.

“Sesuai namanya, JIP Plus merupakan program layanan yang berfokus membantu para ibu yang mau melahirkan. Jadi dengan program ini, puskesmas akan lebih maksimal menyediakan layanan mulai dari penjemputan sampai persalinan usai,” jabar Wabup.

Namun ia juga mengingatkan kepada para ibu agar lebih aktif dalam memperhatikan kesehatan diri dan kandungannya. Dirinya meminta agar ibu hamil dapat segera menuntaskan segala urusan yang diperlukan jauh-jauh hari dan sesuai periode waktu yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan. Hal ini, katanya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat keterburu-buruan.

Lewat inovasi JIP Plus ini, Adlin Tambunan juga memberi apresiasi tinggi kepada para tenaga kesehatan.  Ia berharap, program ini tidak hanya diluncurkan secara seremonial namun diimplementasikan secara konsisten.

“Maksimalkan program baik ini untuk kedepannya. Program ini gratis dan seterusnya harus bebas biaya. Kita bekerja dan layani masyarakat dengan dedikasi dan komitmen tinggi.” pesan Wabup.

Terakhir, dirinya juga mengimbau agar seluruh unsur bidang kesehatan di Sergai tetap giat mensosialisasikan pentingnya imunisasi.

“Kita berharap, lewat semua upaya ini, harapan masyarakat Sergai sehat dan religius bisa terwujud,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, dalam laporannya mengungkapkan kalau inovasi JIP Plus ini didasari dari tingginya angka kematian ibu dan bayi. Lewat program ini, dia juga berharap layanan kesehatan puskesmas bisa difungsikan lebih maksimal lagi.

“Mekanisme JIP Plus ini adalah, tenaga kesehatan dari puskesmas setempat akan menjemput ibu yang akan melahirkan. Setelah proses persalinan usai, kami juga akan mengantarkan yang bersangkutan pulang ke rumah. Sedangkan aspek “plus” dalam program ini adalah, layanan kependudukan berupa pengurusan kartu keluarga kepada keluarga yang baru dibantu persalinannya. Untuk hal ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” papar Kadis Kesehatan.

Tidak hanya terhadap ibu melahirkan, Selamat Hartono juga menginformasikan kalau setiap hari Kamis pihaknya rutin melaksanakan pemberian vitamin kepada para anak sebagai langkah untuk menurunkan angka stunting.

“Sesuai arahan Pak Bupati dan Wabup, kami dari Dinas Kesehatan akan memberikan komitmen maksimal dalam aspek pelayanan kesehatan publik,” tutupnya.

Peluncuran program JIP Plus ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Asisten, Kepala OPD, Kepala BPJS Kesehatan Sergai, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, Kapolsek Tanjung Beringin AKP Tobat Sihombing, para Kepala Puskesmas serta masyarakat sekitar. (Jan)

Post a Comment

Disqus